Mengenal Istilah Vulnus Laceratum dan perawatannya | Perawatanlukakediri.com

Pada artikel ini kami akan sedikit mengulas mengenai berbagai macam luka dan bagaimana cara perawatannya. Pengertian dari luka adalah hilang atau rusaknya sebagian jaringan tubuh. Luka dapat dibagi menurut penyebabnya. Jenis-jenis luka perlu diketahui dan dipahami agar dapat diketahui penyebab dan cara menyembuhkannya.

Kali ini kita akan membahas mengenai Vulnus laceratum. Apakah itu? mari kita ulas.

Mengenal Istilah Vulnus Laceratum dan perawatannya

Vulnus Laceratum atau luka laserasi atau luka robek adalah jenis luka yang diakibatkan oleh benturan benda tumpul. Ciri-ciri vulnus laceratum adalah tepian luka tidak rata, pendarahan sedikit luka yang mengakibatkan meningkatnya resiko infeksi.

Untuk merawat luka vulnus laceratum ini, mari diperhatikan dengan seksama, apakah luka tersebut dalam keadaan bersih atau kotor, jenis lukanya dalam atau dangkal, bentuk luka rapi atau tidak beraturan.

Bila luka dalam keadaan kotor, maka pertama kali luka tersebut harus dibersihkan dengan cairan NaCl 0.9%. 

Bila terlihat luka tersebut dalam keadaan sangat kotor atau kotoran melekat kuat pada luka, bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan larutan H2O2.

Penggunaan cairan H2O2 ini dapat menimbulkan rasa pedih yang menyengat. Untuk mengatasinya dapat digunakan anastesi lokal, dapat menggunakan lidokain.

Langkah selanjutnya setelah pembersihan luka adalah melakukan desinfektan menggunakan iodine.

Bila terlihat luka tidak beraturan, maka diperlukan perapihan terlebih dahulu dengan cara digunting bagian-bagian yang dirasa sangat berserabut atau tidak rapi sehingga jadi rapi dan mudah dijahit.

Selanjutnya dilakukan penjahitan luka agar mempercepat penyembuhan, menghindari infeksi serta menghasilkan bekas luka yang minim dan estetis.

Apabila luka yang ada terlihat dalam dan lebar, maka penjahitan dapat dilakukan berlapis-lapis.


0 Response to "Mengenal Istilah Vulnus Laceratum dan perawatannya | Perawatanlukakediri.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel